Makassar, PKBI Daerah Sulawesi Selatan mengadakan Orientasi Paket Pelayanan Awal Minimum (PPAM) untuk Tim Humanitarian PKBI Regional Tengah yang berlangsung di Hotel Santika Makassar pada Hari Kamis (22 September 2022) hingga Sabtu (24/09/2022).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Direktur Eksekutif PKBI Pusat, Focal Point Humanitarian Nasional PKBI, Koordinator Nasional Layanan Kesehatan Reproduksi, dan Tim Humanitarian PKBI Regional Tengah yang meliputi wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

Bapak Eko Maryadi selaku Direktur Eksekutif PKBI, membuka kegiatan ini secara resmi dengan menitipkan harapan agar seluruh peserta bisa mengambil banyak ilmu dari orientasi kali ini dan dapat menjadikan kegiatan ini sebagai ajang sharing pengetahuan dari yang telah berpengalaman melakukan respon kebencanaan sehingga tim humanitarian nantinya siap melakukan respon jika terjadi situasi krisis.

Kegiatan ini dilakukan secara hybrid dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (dr. Astuti, M.KKK
dan Indah Nugraheni Mardhika, SKM, MSc.PH) serta narasumber dari UN OCHA. Adapun materi yang dibahas pada orientasi ini antara lain Definisi PPAM, 10 komponen PPAM, penanganan lansia di situasi krisis, kategori kebencanaan, logistik, mekanisme koordinasi, dan lain sebagainya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan Tim Kemanusiaan PKBI Regional Tengah dalam Respon Bencana melalui Paket Pelayanan Awal Minimum (PPAM) hingga mampu menjalankan aktivitas Kebencanaan sesuai standar yang berlaku di PKBI.

#PKBISULSEL #SUARAPKBI #HUMANITARIAN #sprint

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here