share

Pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional, PKBI Sulsel Gelar Dialog Publik dalam Penanganan & Pencegahan Kasus Berbasis Gender bagi Disabilitas

Kota Makassar – Dalam rangka Peringatan Hari Disabilitas Internasional, PKBI Sulawesi Selatan melalui Program INKLUSI menggelar Dialog publik pencegahan dan penanganan kekerasan berbasis gender bagi disabilitas, yang berlangsung di Hotel Best Western Plus Makassar Beach. (Senin, 11 Desember 2023).

Kegiatan yang dihadiri oleh Narasumber dari Kepala TRC UPTD PPA Kota Makassar. Makmur Payabo, Direktur Eksekutif PKBI Sulsel. Andi Iskandar Harun, Project Officer INKLUSI PKBI Sulsel. Agus Safri, dan peserta dari DP3A Kota Makassar, UPTD PPA Kota Makassar, YLBHI-LBH Makassar, HWDI Sulsel, SLB YPAC Makassar, SLB YAPTI Makassar, PerDIK Sulsel, Serta Staf dan Volunteer PKBI Sulsel.

Selanjutnya, menurut Andi Iskandar, Secara umum ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh para penyandang disabilitas salah satunya yaitu, pendampingan hukum bagi penyandang disabilitas khususnya usia anak yang saat ini marak menjadi korban kekerasan seksual. Penyandang disabilitas kesulitan dalam mendapatkan akses keadilan meskipun sering mengalami stigmatisasi dan diskriminasi berlapis yang dapat merendahkan harkat dan martabat individu dengan disabilitas tersebut.

“Mengatasi kekerasan berbasis gender terhadap individu disabilitas memerlukan pendekatan yang holistik, termasuk pemahaman mendalam tentang interseksi antara disabilitas dan gender serta upaya bersama dari berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan yang aman dan inklusif bagi semua orang” ungkapnya

Sementara itu, salah satu tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu yang dihadapi oleh individu dengan disabilitas serta mendorong dukungan publik untuk mendukung program reintegrasi sosial bagi disabilitas usia anak yang berhadapan dengan hukum.

Salah satu rencana tindak lanjut dari hasil dialog ini yaitu pencegahan kekerasan seksual harus dilakukan sejak dini melalui edukasi tentang kespro yang melibatkan Orangtua, Guru, Anak disabilitas.

#pkbiprograminklusi #inklusiuntuksemua #PKBISULSEL #suarapkbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *