Pendidikan dan Pelatihan Advertising Bagi Waria Makassar

0
162

Pendidikan dan Pelatiahan Bagi Waria ini dilakukan dalam bentuk Pelatihan keterampilan mendesign dan Sablon Baju selama 2 (dua) hari. kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa 30 – 31 Januari 2018 bertempat di Gedung PKBI Sulawesi Selatan, Jl. Landak Baru (Lama) Jl. Andi Jemma (Baru) No. 55 Makassar. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak 12 orang semuanya waria penerima manfaat langsung. Fasilitator kegiatan ini adalah Bapak Akmal Jaya dibantu seorang asisten untuk melatih praktek saudara Rijal.  Sesi hari pertama diisi dengan materi pengenalan aplikasi untuk mendesain dan dilanjutkan dengan pengenalan peralatan yang dipakai pada kegiatan dalam hal ini peralatan sablon elektronik dan beberapa peralatan sablon manual.

Sesi hari kedua diisi dengan praktek yang dilakukan oleh peserta didampingi oleh Fasilitator dan asisten fasilitator. Hasil yang diharapkan dari pelatihan bagi waria ini adalah sebagai berikut :

  1. Menguatnya kelompok waria melalui Pelatihan Design Gambar dan Sablon Baju untuk kemandirian Waria disulawesi selatan
  2. Adanya rencana keberlanjutan dimana Waria akan membuat usaha sablon secara berkelompok pasca diselenggarakannya pendidikan dan pelatihan bagi Waria guna mendukung inklusi di wilayah masing – masing.
  3. Terbukanya peluang kerja bagi waria melalui pemberian keterampilan bidang advertaising

3Bagaimana agar  peserta serius mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini agar bisa menerapkannya dengan baik, sehingga dapat menjadi nilai tambah secara pribadi maupun dikomunitasmudah mudahan kegiatan ini juga bisa memberi suara masyarakat dan pemerintah bahwa Waria juga merupakan Warga Negara yang mempunyai Hak yang sama dalam berbangsa dan bernegara yang ikut membangun daerah bersama masayrakat lainnya. Dari hasil pendataan bahwa masih sangat banyak teman-teman Waria yang berada di jalanan untuk mengatasi masalah kesejahteraannya, oleh karena itu PKBI Sulawesi Selatan mencoba menjadikan pelatihan ini kepada kelompok Waria sebagai peluang usaha Alternatif bagi Waria dan sekaligus sebagai salah satu dari sekian banyak metode untuk menarik teman-teman Waria yang masih di jalanan secara perlahan lahan  tutur Direksda PKBI Sulawesi Selatan ( Andi Iskandar Harun)

 4Hasil Kegiatan yang diamati selama pelatihan berlangsung peserta mampu bekerja secara berkelompok Peserta mampu mengaplikasikan materi Advertising (Corel, dan percetakan ) yang diberikan kemudian Bertambahnya kapasitas peserta mengenai percetakan baik itu dala     m bentuk sablon maupun printing serta pembuatan kartu nama. menurut salah satu peserta yang mengikuti pelatihan ini

Saya merasa sangat senang adanya pelatihan seperti ini kami diberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan berupa  pengetahuan tentang perangkat Lunak dan Keras Komputer, cara mendesign gambar di komputer, dan Mencetak ke media Baju serta pembuatan Kartu anngota, pelatihan belum pernah saya dapatkan sebelumnya waria selalu diidentikkan dengan bekerja di salon, banyak hal yang ternyata dapat kami lakukan sebagai penunjang kami dapat hidup mandiri di masyakrakat ya salah satunya pelatihan ini. teman-teman sangat antusias mengikuti pelatihan Advertaising ini semoga pelatihan serupa dapat dilakukan lagi kepada teman-teman waria lainnya dan mungkin kalau boleh dengan model-model pelatihan lainnya (IBEL) 

1 Kedepannya diupayakan kegiatan peningkatan seperti ini dapat dilakukan lagi dengan melibatkan OPD atau Mitra serta para pihak yang berkepentingan demi kemanusian.* ALU

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here