share

PKBI Sulawesi Selatan melalui Program INKLUSI menggelar Serial Meeting Pertemuan dengan Jejaring CSO Hukum & Perlindungan dari Kekerasan

Kota Makassar – PKBI Sulawesi Selatan melalui Program INKLUSI menggelar Serial Meeting Pertemuan dengan Jejaring CSO Hukum & Perlindungan dari Kekerasan untuk mendorong mekanisme perlindungan dan kerja bersama antara Lembaga/Organisasi Bantuan Hukum Bagi Komunitas Ragam Gender. (Kamis, 12 Oktober 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Ramedo Hotel Makassar ini dihadir narasumber dari Direktur Lembaga Bantuan Hukum Makassar (LBH Makassar). Muhammad Haedir, S.H., Direktur Eksekutif Daerah PKBI Sulsel. Andi Iskandar Harun, Project Officer INKLUSI PKBI Sulsel. Agus Safri, serta peserta dari beberapa Lembaga/Organisasi Bantuan Hukum dan organisasi komunitas.

Direktur Eksekutif Daerah PKBI Sulsel Andi Iskandar menyampaikan komunitas ragam gender sering mengalami diskriminasi baik di dunia nyata maupun media sosial. Kekerasan yang dialami dapat berupa tindakan fisik, seksual, dan emosional. Kekerasan yang mereka alami itu jarang bisa diselesaikan secara hukum dikarenakan belum ada keberpihakan kepada komunitas ragam gender. Padahal mereka adalah warga negara biasa yang perlu mendapatkan perlindungan hukum.

“implementasi penanganan kasus kekerasan adalah langkah penting dalam memastikan efektivitas upaya pencegahan dan penanganan kekerasan bagi komunitas ragam gender” Ungkapnya.

Sementara itu tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu membangun kerja bersama antara NGO dan OBH dalam hal penanganan dan perlindungan kekerasan bagi komunitas ragam gender serta adanya kesepakatan dan komitmen kerja bersama multi pihak.

Dari hasil ini tersepakati adanya alur penanganan kasus kekerasan bersama Lembaga/Organisasi Bantuan Hukum dan upaya mendorong peran maksimal shelter warga dalam menangani kasus sejak dini.

#pkbiprograminklusi #inklusiuntuksemua #PKBISULSEL #suarapkbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *