Makassar, PKBI Daerah Sulawesi selatan melalui Program INKLUSI mengadakan Pertemuan Kemitraan Lintas Stakeholder di Tingkat Daerah yang berlangsung di Hotel Dalton (Senin, 17/10/2022).

Pada pertemuan tersebut hadir narasumber dari Kepala Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Maros dr. Hj. Fitria Cahya, S.Ked,. Direktur Eksekutif Daerah PKBI Sulsel Andi Iskandar Harun, Program Officer INKLUSI PKBI Sulsel Farid Satria yang didampingi oleh fasilitator Bagus Sudibyo.

Dalam sambutannya, Andi Iskandar mengatakan Pertemuan Forum Kemitraan ini mengangkat tema “Mendorong Kawasan Inklusi yang Ramah Anak dan Kelompok Marginal di Kabupaten Maros”. Ia juga menambahkan bahwa “masalah yang dihadapi pada kelompok terpinggirkan selama ini cukup sulit mendapatkan penerimaan atau hak yang sama di berbagai aspek kehidupan. Berstatus sebagai kelompok marginal dan terpinggirkan melemahkan posisinya sebagai individu untuk mampu setara baik dilingkungan sosial, ekonomi dan budaya di masyarakat, bahkan akses kelayanan publik. Mereka sering menghadapi perlakuan diskriminatif tanpa adanya dukungan maksimal dari berbagai pihak, partisipasi di masyarakat, terabaikan di perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, hak berpendapat, opini negatif, serta bersuara dan berekspresi yang dibatasi. Tak jarang mereka kehilangan hak paling dasar sebagai warga negara” paparnya.


Tujuan dari pertemuan ini yaitu mendorong kemitraan multi stakholder dalam upaya memberikan perlindungan dan layanan dasar bagi serta mewujudkan kabupaten maros sebagai kawasan INKLUSI yang ramah anak dan kelompok terpinggirkan.

Hadir pula pada kegiatan ini Bappeda Kabupaten Maros, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Maros, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa dan Kelurahan Kabupaten Maros, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Maros, Dinas Sosial Kabupaten Maros, Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maros, Dinas Pencatatan Sipil dan Adm. Kependudukan Kab. Maros, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Maros, Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kab. Maros, Kementerian Agama Kabupaten Maros, LPKA Kelas IIA Maros, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Maros, Unit PPA POLRES Maros, Universitas Muslim Maros, Pengurus Cabang PKBI Maros, KNPI Kabupaten Maros, KWRSS, KBSM Maros, Komunitas SEHATI Makassar, Staf Program Respond PKBI Sulsel.


#pkbiprograminklusi #inklusiuntuksemua #PKBISULSEL #suarapkbi

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here