Program RESPOND Klinik Cinta Ibu PKBI Daerah Sulawesi Selatan bekerja sama dengan KPA Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan Pelatihan Pendidik Sebaya bagi Remaja Sekolah Menengah di Sulawesi Selatan dengan tema “Remaja Tangguh, Stop Penularan HIV, Stop NAPZA, dan Stop Kekerasan” yang berlangsung di edOTEL Hotel SMK Negeri 6 Makassar. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu (26/10/2022).

Kegiatan ini diawali dengan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh peserta yang merupakan perwakilan dari beberapa Sekolah Menengah di Kota Makassar untuk memastikan semuanya dalam kondisi sehat mengikuti rangkaian kegiatan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Makassar. Ia mengatakan “Kegiatan ini sangat besar manfaatnya bagi remaja sekolah karena dengan adanya kegiatan ini mereka bisa berbagi ilmu dan bisa membantu permasalahan yang dialami oleh teman sebayanya. Kami sangat berharap bisa terus dilibatkan dalam pelatihan-pelatihan seperti ini.” Ujar Bapak Alim Bahri, S.Pd. M.Pd.

Narasumber pertama pada pelatihan ini ialah Dosen Psikologi Universitas Negeri Makassar, Ibu Novita Maulidya Jalal, S.Psi.,M.Psi., Psikolog yang membahas tentang Kekerasan Seksual yang dialami oleh Anak dan Remaja.

Narasumber kedua pada pelatihan ini ialah Yulia Anggraeni selaku Remaja PKBI yang membahas mengenai Konselor Sebaya dan Teknik Konseling. Seluruh peserta diminta untuk berdiskusi mengenai permasalahan yang dialami remaja saat ini dan kemudian mempraktikkan konseling sebaya dalam sebuah Role Play.

Tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk dan membekali Konselor Sebaya di Sekolah Menengah tentang Kekerasan Berbasis Gender dan nantinya akan melakukan pendampingan terkait kasus dan permasalahan yang dialami remaja di sekolah masing-masing.

#PKBISULSEL #SuaraPKBI #WomenRights4Health #KlinikKB #ProgramRESPOND #klinikcintaibu

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here