Kabupaten Maros, PKBI Daerah Sulawesi selatan melalui Program INKLUSI mengadakan Pertemuan Lintas Stakeholder di Tingkat Daerah yang berlangsung di Grand Town Hotel Maros (Senin, 27/02/2023). Pada pertemuan tersebut hadir narasumber dari Kepala Dinas Sosial Kabupaten Maros. NURYADI,S.Sos, M.A.P, yang didampingi oleh fasilitator Farid Satria.

Kegiatan yang dibuka oleh Farid Satria selaku Project Officer INKLUSI PKBI Sulsel dan juga sebagai Fasilitator dalam acara tersebut, Ia menyampaikan Program INKLUSI PKBI Sulawesi Selatan berupaya untuk mendorong terwujudnya pelayanan dan keterlibatan pada berbagai ruang-ruang kebijakan yang inklusif bagi Kelompok Komunitas Ragam Gender di Kabupaten Maros. Ia juga menyampaikan tujuan dari pertemuan ini yaitu untuk agar kemitraan multi stakeholder dalam upaya membangun mekanisme pelibatan kelompok komunitas ragam gender pada ruang-ruang kebijakan yang Inklusif dan juga adanya aksi rencana tindak lanjut bersama terkait peluang akses peran keterlibatan pada komunitas tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Maros. Nuryadi juga menyampaikan bahwa dirinya sangat terbuka dalam upaya mendorong agar seluruh elemen masyarakat mendapat perlakuan yang setara dan memperoleh kesempatan yang sama sebagai warga Negara terlepas dari status gender dan sosialnya, serta dapat mendukung kebijakan dan pemenuhan layanan dasar bagi ABH maupun Kelompok Komunitas Ragam Gender ini.

Perlu diketahui, PKBI Sulawesi Selatan sebagai salah satu Lembaga sub mitra PKBI Pusat mendapatkan dukungan pendanaan multi tahun dari Department of Foreign Affair and Trade (DFAT) Australia melalui Cowater International Inc. sebagai managing partner, untuk melaksanakan program Inklusi Sosial bagi Anak dan Kelompok Komunitas Ragam Gender yang Berkeadilan Gender serta Ramah Disabilitas, yang dikenal dengan Program INKLUSI selama periode 2023 – 2025. Dukungan pendanaan ini tentunya semakin memperkuat keberlanjutan kerja-kerja advokasi dan intervensi program yang telah dilakukan pada periode tahun-tahun sebelumnya. Juga upaya pencapaian visi PKBI secara nasional untuk mewujudkan masyarakat dan keluarga Indonesia yang bertanggung jawab dan inklusif.


Kelompok Komunitas Ragam Gender adalah salah satu bagian kelompok masyarakat yang menjadi sasaran dalam program INKLUSI. Atas dasar faktor eksklusifitas yang kerap melekat pada mereka maka kelompok ini ditetapkan sebagai sasaran program. Masalah yang dihadapi selama ini cukup sulit mendapatkan penerimaan atau hak yang sama di berbagai aspek kehidupan. Berstatus sebagai kelompok terpinggirkan melemahkan posisinya sebagai individu untuk mampu setara baik di lingkungan sosial, ekonomi dan budaya di masyarakat, akses pelayanan publik, bahkan terlibat secara aktif dan bermakna pada ruang-ruang kebijakan pemerintah. Mereka sering menghadapi perlakuan diskriminatif tanpa adanya dukungan maksimal dari berbagai pihak, partisipasi di masyarakat,
terabaikan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, hak berpendapat, opini negatif, serta bersuara dan berekspresi yang dibatasi. Tak jarang mereka kehilangan hak paling dasar sebagai warga negara.

Peserta pada kegiatan ini yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Maros, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Maros, Sekertaris Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kab. Maros, Dinas Kesehatan Kab. Maros, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kab. Maros, KWRSS, KBSM, serta Organisasi Perangkat Daerah lainnya.

#pkbiprograminklusi #inklusiuntuksemua #PKBISULSEL #suarapkbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *