Kamis 25 Agustus 2022, Tim Inklusi mengadakan diskusi bersama Andikpas terkait penyalahgunaan Narkoba di LPKA Kelas II Maros.

Kegiatan ini dihadiri oleh Staf Pembinaan LPKA Kelas II Maros Fitra, CO ABH Inklusi PKBI Sulsel Agus Safri dan Nurqalbi.

Menurut Agus Safri, peran orang tua dan lingkungan tempat tinggal menjadi faktor terpenting dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba ini. Orang tua dapat memberikan edukasi atau pengertian kepada anak terkait bahaya dari narkoba, dengan tujuan agar anak paham mengapa mereka harus menjaga diri dari penyalahgunaan narkoba. Orang tua juga dapat melakukan pengawasan terhadap lingkungan pertemanan anak, untuk meminimalisir anak bergaul dengan teman yang mungkin sudah kecanduan dengan narkoba, paparnya.

Dalam diskusi ini kebanyakan Andikpas yang terkena kasus narkoba disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya mengikuti tren ataupun dari lingkungan pertemanan nya, banyak dari mereka yang berawal dari coba-coba karena bujukan teman dan berujung menjadi ketergantungan. Disinilah pentingnya peran orang tua dalam pengawasan dan edukasi terhadap lingkungan pertemanan anak.

Sebanyak 14 orang Andikpas mengikuti diskusi tentang penyalahgunaan narkoba yang dibawakan oleh CO ABH Inkulsi PKBI Agus Safri.

#pkbiprograminklusi #inklusiuntuksemua #PKBISULSEL #suarapkbi

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here